Tips hidup sehat ala Rasulullah

Kali ini kita akan membahas mengenai tips tips untuk hidup sehat ala Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, Banyak yang mengatakan sehat itu mahal padahal Justru sebaliknya sehat itu murah sakitlah yang mahal. Seumur hidupnya Rasulullah hanya pernah mengalami sakit dua kali pertama ketika ada yang berusaha meracuni beliau yang dilakukan oleh seorang wanita Yahudi yang menghidangkan makanan kepada Rasulullah di Madinah, kedua ketika menjelang beliau wafat.

Mushaf Al Quran

Nah berikut ini tips-tips buat kamu yang bisa kamu coba untuk bisa hidup sehat ala Rasulullah, Pertama Rasulullah senantiasa menyegerakan tidur dan menyegerakan bangun, Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang, hal itu yang melatar belakangi beliau tidak menyukai berbincang-bincang dan makan sesudah waktu Isya, jika sudah waktunya tidur Rasulullah dan segera tidur, tidur yang tepat di malam hari kira-kira adalah selesai istirahat setelah salat Isya, kemudian kira-kira pukul 3 sudah bangun di sepertiga malam untuk salat malam.

Nah posisi tidur yang baik menurut Rasulullah ada merebahkan badan sebelah kanan jadi seperti ini lebih menyehatkan bagi tubuh kita. Kemudian sering berpuasa, Dalam Alquran disebutkan Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa dan berpuasa lebih baik bagimu Jika kamu mengetahui. Berpuasa luar biasa ajaib karena dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, asma, saluran pernapasan, jantung, pengerasan Arteri, menyembuhkan penyakit hati tanpa efek samping, menyembuhkan penyakit kulit, khususnya alergi mencegah penyakit paru-paru, mencegah penyakit kanker, dan puasa dianggap sebagai senjata paling ampuh dalam dunia kedokteran.

Tips selanjutnya Jangan mudah marah, nasehat Rasulullah “Jangan marah” disampaikan ini tiga kali, ini menunjukkan tingkat kekuatan seseorang bukan terletak pada besarnya badan tetapi pada kebersihan Jiwa, tidak mudah marah juga terbukti menyehatkan tubuh. Tips berikutnya adalah rajin menjaga kebersihan, Rasulullah senantiasa merapikan tempat tidur, beliau mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, serta memakai minyak wangi, Rasulullah juga sangat menjaga kebersihan mulut dan Gigi. Melalui sunnah beliau untuk bersiwak atau menggosok gigi yang bersih yang dianut oleh umatnya. Kemudian menjaga pola makan, Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan (berhenti makan sebelum kenyang) gaya hidup yang dijalani oleh Rasulullah SAW bisa dijadikan teladan bagi umat zaman sekarang, salah satunya adalah Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang, hal itu terbukti menyehatkan secara ilmiah.

Peninggalan Rasulullah

Rasulullah gemar berolahraga, berbagai jenis olahraga yang dilakukan tidak hanaya menunjukkan bahwa tubuh yang sehat tapi juga kuat. Beliau pernah berlomba lari, bertanding gulat, juga memanah, Rasulullah gemar berjalan kaki, Rasulullah selalu berjalan kaki ke masjid pasar, Medan jihad, mengunjungi rumah sahabat, dan sebagainya dengan berjalan kaki, keringat mengalir pori-pori terbuka dan peredaran darah lancar ini penting untuk mencegah penyakit jantung.
Rasulullah gemar sosialisasi sebuah studi di Harvard School of public menemukan bahwa pria berusia 70 tahun yang memiliki hubungan sosial yang baik memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami kerusakan penyakit jantung. Perlu diketahui bahwa Rasulullah memiliki banyak sahabat dan senantiasa menjaga silaturahmi dengan kerabat serta bertetangga dengan baik, bersosialisasi juga merupakan salah satu tips menjaga kesehatan rasulullah yang patut kita tiru. Tips kesehatan ala Rasulullah yang lain yaitu berbekam, dalam sebuah hadis dikatakan kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara utama, Dengan meminum madu, dengan obat herbal, kedua dengan bersama-sama dan ketiga dengan terapi besi panas, dan tidak menganjurkan umatnya untuk melakukan pengobatan dengan besi panas, Hadits Riwayat Bukhari. Terapi bekam dapat mengeluarkan darah kotor yang ada dalam tubuh kita sehingga berbekam juga dianjurkan untuk dilakukan Rasulullah SAW, Selamat mencoba tips-tipsnya Sampai jumpa lagi. (dari berbagai sumber)

Mungkin Anda juga menyukai

Anda punya pendapat untuk artikel ini ? Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: