Goa Buniayu pesona alami yang tersembunyi

Secara administrasi pemerintahan gua buniayu termasuk ke dalam wilayah desa kertaangsana Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi di tempat ini selain bisa menikmati gua para pelancong juga dapat menikmati panorama alam yang masih Asri.
Dengan tiket masuk harga terjangkau para pelancong bisa menikmati gua dengan dua cara yaitu penelusuran gua minat umum serta penelusuran gua minat khusus, untuk menelusuri gua ini para pelancong diwajibkan memakai helm dengan penerangan serta sepatu khusus. Sedangkan untuk penelusuran gua minat khusus di diperlukan peralatan tambahan seperti tali untuk menuruni gua secara vertikal kemudian pakaian khusus, namun tidak usah khawatir semua yang peralatan telah disediakan oleh pihak pengelola karena fasilitas ini sudah termasuk kedalam tiket yang dibayar pelancong.

Wisata Goa buniayu semula dikenal sebagai goa Cipicung masyarakat setempat menamakannnya sesuai dengan nama kampung di dekatnya sedangkan beberapa penelusur gua biasa menyebutnya gua siluman. Penelusuran dan pemetaan gua Buniayu dilakukan pertama kali pada tahun 1682 oleh seorang speleologi Oman Indonesia bernama Doctor Who bersama beberapa penelusur gua berkebangsaan Perancis John Robert dan Michael kasih. Sampai saat ini telah berhasil ditetapkan juga beberapa buah diantaranya gua Cipicung dengan panjang 3300 Meter, goa bibijilan panjang dengan panjang 717 m, gua Azmi dengan panjang 635 m, gua nyangkut dengan panjang 390 m, Gua tanpa nama dengan panjang 400 m.

Menurut penduduk setempat pertama kali bumi ditemukan oleh pak Salim, pada mulanya Pak Salim penasaran dengan mitos masyarakat setempat yang mengatakan bahwa ini angker mereka percaya gua ini merupakan tempat segala jenis makhluk jadi-jadian atau siluman Oleh karena itu mulanya gua ini dinamakan gua siluman dan menurut kabar yang beredar siapapun yang berani mendekati gua ini malamnya akan bermimpi mengerikan atau sakit. Namun setelah ditelusuri oleh pak Salim Ternyata gua ini menyimpan sejuta keunikan dan persona luar biasa, di dalam gua ini kita tidak hanya bisa melihat batu batu alam saja seperti stalaktit dan stalakmit tetapi kita juga bisa melihat beberapa hewan khas yang hanya hidup di dalam goa seperti jangkrik goa, laba-laba serta beberapa kelelawar Selain itu keunikan lainnya ialah terdapat beberapa batu yang bila kita pukul akan mengeluarkan bunyi bunyi Seperti alat musik.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. abi berkata:

    Wow Subhanallah.. indah sekali..

Anda punya pendapat untuk artikel ini ? Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: