Cibuluh – Subang, Wisata Desa alternatif untuk berlibur

Desa Cibuluh berada di bagian selatan Subang bagi lokasi wisata desa ini memiliki panorama alam yang cantik, udara segar, ketenangan tradisi budaya serta keramahan warga. Menurut penuturan warga setempat wisata desa ini memiliki tema tersendiri untuk menarik para pelancong “Untuk ini kami memiliki tema, Temanya adalah the Sundanese culture experience dan harapan Kami, selesai setiap pengunjung baik itu lokal maupun mancanegara mereka bisa mengikuti bisa mencoba kebiasaan masyarakat di sini, jauh dari dan kejenuhan kota.

Meski modernisasi hadir di desa ini, bagi masyarakat setempat permainan tradisional tidak tergeser keberadaannya sebagai hiburan warga khususnya, salah satunya permainan yang dimainkan di sekitar sungai yaitu Papali. Papali dan itu kalau bahasa Indonesianya itu adalah meluncur dengan gedebok pisang atau dengan batang pisang, seru banget serupa dengan body rafting dan memanfaatkan aliran air Sungai. Sementara batang pisang digunakan sebagai pelampung badan untuk menghindari resiko terbentur batu kali dan dilakukan di sungai yang tidak deras, kedalaman airnya tidak terlalu dangkal juga tidak terlalu dalam.

Di wisata desa Cibuluh ini selain alamnya yang masih asli ternyata juga memiliki budaya tradisional yang masih kuat yaitu tarian tradisional dengan diiringi alat musik tradisional. Kesenian tradisional tersebut adalah Tari keprak bangkongreang, selain musik gending Sunda salah satu alat musik khas nya adalah terbuat dari bambu yang dibelah untuk menghasilkan bunyi, alat musik tradisional ini dinamakan Keprak, dan sekarang jadi salah satu alat musik tradisional khas Sunda. Nah kalau di desa Cibuluh ini keprak ini biasa dipertunjukkan kalau lagi ada tamu atau lagi ada acara-acara khusus seperti itu, dan cara memainkan keprak ternyata cukup di benturan atau di pukulkan ke pangkal telapak tangan, dan akan menghasilkan suara yang unik.

Dan satu lagi wisata desa ini memiliki kuliner khas yang bernama bubuy ayam. Di desa wisata Cibuluh pengunjung dapat belajar dan mengikuti proses pembuatan bubuy ayam atau ingin langsung mencicipinya juga bisa ini salah satu bahannya untuk memasak makanan khas Subang jadi kalau kita datang ke Subang salah satunya di Desa Cibuluh kita bisa menemukan kuliner khas banget namanya Bubuy Ayam kalau bahasa Indonesianya itu adalah memasak dengan cara di pepes dan proses masaknya itu pakai bara, Jadi dimasukkan ke dalam bara bawang kemiri kunyit lengkuas dan cabe rawit jadi bumbu utama. Potongan ayam kampung Daun Salam kemangi dan Ditambahkan sebagai pewangi, ayam dibungkus daun pisang beserta semua bumbu tadi lalu dimasukkan ke tengah bara kayu, proses masak bubuy ayam ini membutuhkan waktu sekitar 4 jam. itulah salah satu kuliner khas wisata desa Cibuluh Subang.

Bagi anda yang kesehariannya dipenuhi dengan rutinitas kegiatan kerja yang menumpuk sekali waktu luangkanlah waktu anda sejenak untuk berwisata di desa Cibuluh. Sekedar membuang penat dan merasakan langsung Kehidupan masyarakat lokal, budaya dan tradisinya dapat menjadi pengalaman yang tidak Terlupakan.

Mungkin Anda juga menyukai

Anda punya pendapat untuk artikel ini ? Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: